Kabinet Resnawa - Kamush Periode 2024/2025

Kamush merupakan sebuah organisasi yang berada pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora di UIN Antasari Banjarmasin. Kamush adalah wadah bagi mahasiswa baru yang ingin terjun langsung sebagai anggota kepengurusan organisasi. Sebelumnya telah terlaksana transisi kepengurusan Kamush pada periode 2024-2025. Maka dari itu disini kami akan memperkenalkan Kabinet Resnawa sebagai wajah baru Kamush pada Periode 2024-2025.


Filosofi Logo dan Kabinet

Biasanya dalam setiap logo sebuah perusahaan maupun organisasi, pasti mempunyai filosofi yang terkandung dalam tiap bagian logonya, begitu pula dengan logo Kabinet Resnawa. 
  • Bentuk Perisai : Yang bermakna melindungi nama baik KAMUSH, dan melestarikan hal-hal baik di dalam KAMUSH itu sendiri kepada para Mahasiswa.
  • Dua Buah Pena: Melambangkan arah gerak KAMUSH, yaitu mengembangkan intelektual Mahasiswa yang ada di dalamnya.
  • Siluet Burung Hantu: Melambangkan sifat yang harus dimiliki oleh setiap anggota KAMUSH, yaitu kebijaksanaan. Bijaksana dalam menentukan keputusan, dan lain lain.
  • Bentuk Bintang : Melambangkan keunggulan, dengan maksud ingin menjadikan anggota KAMUSH mampu unggul dalam berbagai bidang.
  • Siluet Huruf R : Melambangkan identitas kabinet KAMUSH periode 2024/2025, yaitu "RESNAWA".
  • Warna Ungu dan Emas : Warna ungu melambangkan kebijaksanaan, kesetiaan, dan pengabdian. Adapun warna emas melambangkan keberuntungan.

Kabinet RESNAWA : RESWARA, NIRWASITA, ANUBHAWA.
Di ambil dari bahasa sansekerta yang berartikan: unggul, bijaksana, dan berwibawa. Yang menggambarkan bahwa KAMUSH adalah organisasi yang unggul dalam segala hal, mencakup visi dari UIN Antasari, dan mencetak generasi yang bijaksana,dan menjaga nama baik KAMUSH dalam menjaga marwah kewibawaan organisasi. Menurut studi numerologi, arti nama "Resnawa" itu memiliki arti tersendiri yaitu Peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, ekspresi kreatif.

Logo Kabinet Resnawa melambangkan nilai-nilai yang dibawa, unggul, bijaksana, dan berwibawa, sebagai bentuk loyalitas pengurus KAMUSH 2024 dalam satu tahun kedepan.

Visi dan Misi Kamush

Visi :

Terwujudnya KAMUSH yang Unggul dalam Intelektual, basis keilmuan & nilai kebersamaan.

Misi :

  • Realisasi serangkaian karya KAMUSH yang kreatif dan inovatif demi terwujudnya keunggulan KAMUSH.
  • Penguatan karakter SDM KAMUSH yang "intelektual melalui penyelenggaraan program kerja inter-organisasi & intra- organisasi menciptakan Basic-Culture intelektual dalam upaya merepresentasikan kelembagaan KAMUSH.
  • Internalisasi nilai kolaborasi dalam upaya penguatan program kerja & kinerja SDM KAMUSH.
  • Merawat & menumbuhkan hubungan lintas generasi keanggotaan KAMUSH.
  • Konfigurasi nilai kebersamaan dalam setiap muatan program kerja KAMUSH.
  • Terwujudnya KAMUSH yang Unggul dalam karakter intelektual, basis keilmuan & nilai kebersamaan.

Bidang Kabinet Resnawa

  • Badan Pengurus Harian (BPH) adalah pengurus inti yang terdiri dari ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris umum, wakil sekretaris umum, dan bendahara umum. Badan Pengurus Harian bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan selama satu periode dan bertanggung jawab lebih terhadap kepengurusan kamush satu periode.
  • Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) adalah bidang yang berorientasi pada pengembangan skill, dan hubungan internal pengurus. Bidang ini bertujuan juga untuk mempererat ikatan antar pengurus kamush.
  • Bidang Intelektual (BINTEK) adalah bidang yang berorientasi pada pengembangan intelektual pengurus. Bidang Intelektual bertugas untuk mewadahi mahasiswa terlebih pengurus dalam hal intelektual.
  • Bidang Analistra adalah bidang yang berfokus untuk mengembangkan daya kritis, mengembangkan pengetahuan, serta memberikan solusi dengan melalui kajian dan diskusi terhadap isu-isu yang terjadi. Bidang ini bertujuan untuk memperpeka seluruh anggota kamush terutama terhadap permasalahan sekitar baik itu internal maupun eksternal.
  • Bidang Sosgam (Sosial dan Keagamaan) adalah bidang yang pada pengembangan dan kegiatan sosial dan keagamaan pengurus. Bidang ini bertujuan untuk mempererat hubungan sosial yang berlandaskan keagamaan.
  • Bidang MENKOV (Media Informasi Komunikasi dan Seni Visual) adalah bidang yang berorientasi pada pengelolaan social media di kepengurusan. Bertujuan untuk mengenalkan kamush lebih mendalam kepada orang banyak.

Kamush memiliki arah gerak Intelektual, Pengkaderan, dan Sosial. Kabinet Resnawa ingin mewujudkan KAMUSH yang Unggul dalam karakter Intelektual, basis keilmuan & nilai kebersamaan.

Seperti kabinet pada umumnya Kabinet Resnawa mempunya slogan yaitu "Unggul, Bijaksana, dan Berwibawa: Resnawa".





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Milad Kamush Ke-11 Tahun: Bersinergi Menjalin Ikatan Dalam Membangun Rasa Kekeluargaan dan Kebersamaan Untuk KAMUSH yang Maju dan Terdepan

Kesuksesan PBAK Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Tiga Hari Penuh Semangat dan Kebersamaan