Kesuksesan PBAK Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Tiga Hari Penuh Semangat dan Kebersamaan



    Dalam rangka menyambut mahasiswa baru,  Fakultas Ushuluddin dan Humaniora sukses menggelar rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) selama tiga hari berturut-turut dimulai pada tanggal 27-29 Agustus 2024 dengan penuh semangat dan antusiasme dari para mahasiswa baru angkatan 2024. Pada PBAK kali ini mengangkat Tema "Esensi Mahasiswa dalam dimensi digital" yang merujuk pada peran dan nilai dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi perkembangan teknologi, menekankan bagaimana mahasiswa, sebagai agen perubahan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi tanpa kehilangan nilai-nilai intelektual mereka. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan diisi dengan berbagai acara yang tidak hanya informatif, tetapi juga membangkitkan semangat kebersamaan serta kemahasiswaan di fakultas Ushuluddin & Humaniora.


Hari Pertama: Pembukaan dan Sambutan


    Hari pertama PBAK dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Dr. Dzikri Nirwana, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya peran mahasiswa baru dalam menjaga nama baik serta semangat akademis di lingkungan fakultas. Setelah sambutan dekan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Steering Committee (SC) yang diwakili oleh Kak Muhammad Nawawi, serta Organizing Committee (OC) yang diwakili oleh Kak Khairul Fikri. Selain itu, penanggung jawab acara, Kak Siti Maimunah, juga turut menyampaikan pesan penting terkait teknis pelaksanaan PBAK.






Hari Kedua: Pengenalan HMJ HMP dan UKM yang Berada di Fakultas Ushuluddin & Humaniora



    Memasuki hari kedua, semakin menarik perhatian dengan agenda pengenalan organisasi kemahasiswaan yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Berbagai Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Himpunan Mahasiswa Program (HMP), serta organisasi mahasiswa lainnya seperti Organisasi Mahasiswa Baru (Ormaba), memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan diri.



    Salah satu organisasi yang mendapat perhatian besar adalah Komunitas Mahasiswa Ushuluddin dan Humaniora (KAMUSH), yang memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baru di fakultas yang bergerak dibidang intelektual. Antusiasme mahasiswa baru terhadap KAMUSH sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan mengenai kapan organisasi ini akan membuka rekrutmen anggota baru. Para demisioner KAMUSH yang saat ini menjabat sebagai ketua ketua hmj hmp maupun ormawa juga turut tampil ke depan panggung, menunjukkan kebanggaan mereka sebagai bagian dari KAMUSH. Kehadiran mereka menjadi motivasi bagi mahasiswa baru untuk berpartisipasi aktif dan bergabung bersama KAMUSH.


    Selain KAMUSH, organisasi lain seperti Ushura, organisasi yang berfokus pada pengembangan minat dan bakat di bidang olahraga kemudian LDK Al-Ihsan, organisasi yang bergerak di bidang keagamaan dan Sanggar Legenda yang bergerak dibidang seni turut memperkenalkan organisasi mereka. Melalui pengenalan organisasi-organisasi ini, mahasiswa baru diajak untuk mengeksplorasi berbagai potensi diri dan memperluas jaringan sosial mereka di lingkungan kampus terkhusus di fakultas Ushuluddin dan Humaniora

      Acara di hari kedua ditutup dengan momen yang sangat berkesan, seluruh mahasiswa baru, serta seluruh panitia berkumpul di halaman fakultas untuk bersama-sama menyanyikan lagu-lagu kemahasiswaan. Lagu-lagu ini tidak hanya membangkitkan semangat, tetapi juga mengugah rasa kebersamaan dan solidaritas diantara mereka. Suara nyanyian yang menggema di halaman fakultas menjadi simbol semangat mahasiswa baru yang menyala-nyala



Hari Ketiga: Library Tour dan Penutupan

    Hari terakhir diisi dengan kegiatan Library Tour yang diselenggarakan oleh pihak perpustakaan kampus. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa baru diajak berkeliling perpustakaan untuk diperkenalkan dengan berbagai layanan perpustakaan yang tersedia mulai dari tata cara peminjaman buku, dan akses jurnal ilmiah, kegiatan ini sangat bermanfaat karena perpustakaan sebagai salah satu sumber utama dalam kegiatan akademik. Seluruh mahasiswa baru didampingi oleh kapebi dan pegawai perpustakaan selama tur, dan mereka diperlihatkan berbagai layanan perpustakaan yang dapat memudahkan akses terhadap sumber-sumber ilmu pengetahuan. 










   Rangkaian kegiatan PBAK Fakultas Ushuluddin dan Humaniora selama tiga hari ini berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat, edukatif, dan inspiratif. Dari pembukaan yang khidmat, pengenalan organisasi yang meriah, hingga dengan kegiatan edukatif, semua rangkaian acara berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme.Semangat kebersamaan dan jiwa kemahasiswaan yang terbangun selama kegiatan ini diharapkan akan terus menyala di hati mahasiswa baru angkatan 2024. Melalui PBAK ini, mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan dunia akademik, tetapi juga didorong untuk berperan aktif dalam mengembangkan diri serta memperkuat solidaritas di lingkungan kampus. Dengan berakhirnya PBAK, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora telah sukses menanamkan benih semangat yang akan terus tumbuh dan berkembang seiring perjalanan akademik mahasiswa baru di kampus. Semoga semangat ini dapat terus menginspirasi dan mendorong mereka menjadi pribadi yang unggul dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.




(dokumentasi foto)

hari ketiga pelaksanaan PBAK di perpustakaan




Writer : Nur Wafiqah (Menkov Kamush 24/25)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kabinet Resnawa - Kamush Periode 2024/2025

Milad Kamush Ke-11 Tahun: Bersinergi Menjalin Ikatan Dalam Membangun Rasa Kekeluargaan dan Kebersamaan Untuk KAMUSH yang Maju dan Terdepan