Survei with Sobat Kail (Kampung Buku dan Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh)

 

SOBAT KAIL


Survei Tempat Safari Kamush Bersama Sobat KAIL

                        


                         (Lokasi: Kampung Buku)            (Lokasi: Kebun Binatang Jahri Saleh)

 

• Kampung Buku atau Kebun Binatang?

Minggu 20 November 2022, bidang kajian ilmiah Komunitas Mahasiswa ushuluddin dan Humaniora (KAMUSH) atau yang sering di sebut Sobat Kail melaksanakan kunjungan ke Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh dalam rangka survei tempat untuk mempersiapkan pelaksanaan program kerja Safari Kamush, yang sekitar satu atau dua minggu sebelumnya kami juga sempat survei yakni di Kampung Buku, Jl. Sultan Adam, Sungai Miai. Namun, kampung buku saat itu masih belum beroperasi dikarenakan masih dalam suasana pandemi. Oleh karena itu kami mengurungkan niat melaksanakan Safari Kamush di sana. Padahal tempatnya yang estetik layaknya Cafe bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa seperti kami.

Seperti halnya Kampung Buku, di Kebun Binatang Jahri saleh juga masih dalam tahap penyesuaian setelah pandemi, para pengunjung sangat sedikit dibandingkan sebelum datangnya pandemi Covid-19. Hanya saja di kebun binatang jahri saleh ini masih beroperasi dan membuka kunjungan walau sangat berbeda dengan sebelum datangnya pandemi. Suasananya yang sunyi menyeret hati kami yang tadinya ingin menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk kunjungan dalam rangka melaksanakan proker safari kamush, akhirnya berakhir tidak jadi.

Pada akhirnya kami hanya menikmati suasana tempat-tempat tersebut dengan sedikit kebingungan karna memikirkan “ke mana lagi kami tempat yang cocok untuk kegiatan safari ini”.

• Sekilas Tentang  Tempat yang Tersurvei

1.      Kampung Buku: Membaca Literasi Kehidupan

Kampung buku berlokasi di Jl. Sultan Adam, Rt. 12, Sungai Miai. Tempat di mana tersedia berbagai macam buku dan kitab yang di tujukan untuk kaum pemuda yang gila akan literasi. Empat kios buku dan satu dapur literasi bagi yang mau membaca-baca. Tujuan didirikannya tempat ini adalah untuk menghidupkan kembali minat baca para muda mudi Banua pada khususnya dan menyediakan tempat yang nyaman untuk membaca serta menawarkan harga buku-buku murah lagi terjangkau. Buku yang tersedia di kampung buku sendiri bermacam-macam, ada yang berlatar pendidikan, filsafat, sejarah islam, sejarah Indonesia, sastra dan dan kitab-kitab agama.

Selain menyediakan kios dan perpustakaan, di sana juga terdapat warung kopi prabayaksa, yakni kopi asli Kalimantan yang menjadikan tempat tersebut makin kece layaknya sebuah Cafe. Tata riasnya yang menampilkan berbagai macam lukisan dan rak-rak buku menambah tempat ini menjadi estetik.

Berbicara tentang cafe, buku dan mahasiswa, ketiganya memang cocok disandingkan. Dengan satu atau dua teman untuk diskusi, mereka mampu menyelesaikan berbagai macam permasalahan-permasalahan terkait dengan apa yang mereka diskusikan.

Kembali ke topik sebelumnya. Kampung buku di resmikan pada rabu 10 Juni 2019. Latar belakang didirikannya kampung buku ini karena menurut owner tempat ini yakni Hajriansyah mengatakan bahwa beliau melihat literasi di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin terbilang rendah, apalagi di zaman sekarang anak-anak muda sampai dewasa sangat gancaran memainkan game online. Beliau berharap dengan didirikan kampung buku ini para pemuda seperti mahasiswa dan warga sekitar pada umumnya  mampu meningkatkan minat baca dan semakin senang dengan buku-buku fisik daripada mencari sumber-sumber di internet atau mendownload e-book saja.

Di samping itu, kampung buku juga membuka kelas-kelas diskusi, kelas lukis, menulis dan edukasi lainnya sebagai program untuk mewujudkan tujuan dari kampung buku itu sendiri.

 

2.      Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh

Kebun Binatang Jahri Saleh berlokasi di Jl. Sungai Jingah, Banjarmasin. Setelah pakum selama kurang lebih dua tahun lamanya dikarenakan pandemi Covid-19, pada 3 Mei 2022 tempat ini resmi di buka kembali, namun sayang kunjungannya tidak seramai dulu lagi. Kebun binatang ini merupakan satu-satunya yang ada di kota Banjarmasin.

Taman satwa ini menyediakan berbagai macam hewan-hewan asal Kalimantan Selatan seperti musang kalimantan, buaya kalimantan, burung elang dan beberapa jenis kera juga ular dan lain sebagainya. Para pengunjung bisa berfoto mesra dengan hewan-hewan tersebut, khususnya dengan ular piton emas yang sudah di jinakkan.


        Tempat ini buka setiap hari dengan waktu atau jam yang berbeda di hari-hari tertentu, yang pasti sekitar pagi jam sembilan sampai dengan jam empat sore. Dengan membayar sebesar Rp. 3000 untuk anak-anak dan Rp. 5000 untuk orang dewasa.

 

(Sobat Kail: Bidang Kajian Ilmiah, KAMUSH 2022/2023)

 

 

Writer: Irpan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

Banjarhits. Kampung Buku: Tempat Literasi Alternatif di Banjarmasin. https://kumparan.com/banjarhits/kampung-buku-tempat-literasi-alternatif-di-banjarmasin-1rRTQrEBbnx. Banjarhits, diakses pada 17 Februari 2023.

Nugroho, Edi. Kampung Buku, Tempat Literasi Modern di Banjarmasin. https://banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/2021/02/23/kampung-buku-tempat-literasi-modern-di-banjarmasin. BanjarmasinPost: Banjarmasin, diakses pada 18 Februari 2023.

Aceh, Jurnal Tim. Kebun Binatang Mini Jahri Saleh: Objek Wisata Edukatif Untuk Anak-Anak di Banjarmasin. https://jurnalaceh.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1796084541/kebun-binatang-mini-jahri-saleh-objek-wisata-edukatif-untuk-anak-anak-di-banjarmasin. JurnalAceh.com, diakses pada 17 Februari 2023.

Jumahudin. Sepekan Dibuka: Kunjungan Kebun Binatang Mini Jahri Saleh Masih Rendah. https://www.sonora.id/amp/423276417/sepekan-dibuka-kunjungan-kebun-binatang-mini-jahri-saleh-masih-rendah. Sorona.id, diakses pada 17 Februari 2023.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kabinet Resnawa - Kamush Periode 2024/2025

Milad Kamush Ke-11 Tahun: Bersinergi Menjalin Ikatan Dalam Membangun Rasa Kekeluargaan dan Kebersamaan Untuk KAMUSH yang Maju dan Terdepan

Kesuksesan PBAK Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Tiga Hari Penuh Semangat dan Kebersamaan